Tidak Hanya Mesin, AC Mobil Juga Perlu DiService!

Piwulang – Ketika mengendarai kendaraan, terutama mobil. Hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah kondisi mesin. Namun, ada hal lain yang tak kalah penting untuk diperhatikan bagi pemilik kendaraan roda empat.

Agar penumpang bisa nyaman selama perjalanan, penting untuk menjaga kondisi AC (Air Conditioner) pada mobil. Agar penumpang nyaman, suhu didalam mobil harus tetap terjaga.

Alat pendingin kabin ini harus tetap optimal ketika berkendara. Tentunya, butuh perawatan rutin agar komponen AC ini dapat bekerja secara optimal.

Selain dapat menjaga kondisi AC tetap dalam kondisi yang optimal. Menjaga AC dalam kondisi optimal juga memiliki kelebihan tersendiri.

Jika AC rutin dilakukan service, maka pada kendaraan hanya membutuhkan pembersihan secara berkala tanpa harus mengganti komponen-komponen AC.

Dengan adanya umur pakai yang terus bertambah, beberapa komponen seperti filter, oli compressor dan sebagainya harus dirawat dan mungkin memerlukan penggantian.

Dengan dilakukannya service secara rutin, Anda dapat mendeteksi kerusakan dini pada komponen agar tidak merembet dan menyebabkan masalah serius.

Tak jarang, ketika sedang melakukan perjalanan, mendapati kondisi AC tiba-tiba mati atau tidak dingin. Jika pada kendaraan Anda mengalami hal ini, bisa saja tidak hanya satu atau dua komponen saja yang rusak, tapi bisa beberapa.

Dengan melakukan service secara berkala, komponen seperti saringan AC akan dibersihkan dan mungkin juga diganti jika dibutuhkan. Namun, dengan perawatan tersebut, pengguna mobil menjadi lebih nyaman ketika menggunakan mobilnya.

Selain itu, AC yang bersih juga akan menghindarkan dari bau apek karena AC yang kotor. Hal lain yang tak kalah penting, ketika melakukan pembersihan atau penggantian komponen AC, bisa menjauhkan dari bakteri yang menumpuk pada komponen AC. Hal tersebut bisa dicegah hanya dengan melakukan penggantian berkala.

Share: