Oli Mesin Tidak Sesuai Anjuran Pabrik, Ini Yang Akan Terjadi

Piwulang – Oli atau pelumas memiliki perananan yang cukup penting untuk sebuah kendaraan. Tujuan utama yaitu untuk melumasi komponen didalam mesin. Jika oli mesin berkurang atau habis maka akan menyebabkan komponen didalam mesin menjadi rusak dan tak bisa digerakkan.

Beberapa fungsi dari Oli Mesin diantaranya:

  1. Mencegah keausan pada mesin
  2. Mencegah pembentukan deposit pada ruang bakar
  3. Memindahkan panas, sehingga dapat mengurangi resiko terjadinya piston macet
  4. Menetralkan asam dan mencegah korosi serta karat

Karena pentingnya fungsi dari oli mesin tersebut, seharusnya pengguna tidak sembarangan ketika memilih produk oli mesin. Jika oli mesin tidak sesuai dengan anjuran pabrik, maka akan menyebabkan kerusakan yang cukup fatal untuk kelangsungan mesin jangka panjang.

Setiap mesin memiliki spesifikasi yang berbeda-beda, tergantung teknologi pada mesin dan juga peuntukannya. Pengguna juga harus memperhatikan kekentalan oli sesuai dengan anjuran pabrik.

Setiap produsen oli pun memiliki spesifikasi masing-masing serta tingkat kekentalan oli yang bermacam-macam. Pemilik kendaraan bisa melihat pada kode SAE (Society of Automotive Engineers) untuk menyesuaikan tingkat kekentalan oli sesuai dengan tingkat suhu di wilayah setempat.

Selain itu, pemilik kendaraan juga bisa melihat kualitas oli pada bagian yang ditunjukkan dalam kode API/JASO. Oleh karena itu, jangan sampai tergiur oli dengan harga murah. Walaupun tidak semua oli dengan harga murah memiliki kualitas yang buruk.

Ketika mesin tidak menggunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi, maka dapat mengganggu kinerja dari mesin itu sendiri. Singkatnya, performa mesin dapat menurun karena kualitas oli yang tidak sesuai dengan anjuran pabrik.

Hal ini bisa terjadi ketika kekentalan oli tidak sesuai, sehingga akan terasa lebih berat saat berjalan, dan mesin terdengar ngelitik, atau yang biasa disebut engine knocking.

Efek lainnya, mesin menjadi lebih mudah panas dan bisa menyebabkan overheat pada mesin, kinerja mesin menurun dan juga mesin tidak mau jalan (mogok) yang disebabkan overheat.

Jadi, lebih bijaklah ketika memilih spesifikasi oli pada kendaraan kesayangan. Lebih baik mencegah dari pada harus mengeluarkan biaya lebih untuk perbaikan mesin. Hal ini tentu akan merugikan dari segi waktu dan juga uang.

Selain itu, lebih dianjurkan untuk membeli oli mesin yang dijual dibengkel resmi agar kualitas dan keaslian oli lebih terjamin.

Share: