Kelebihan Honda Vario 160 2023, Cek Harganya!

Piwulang – Honda Vario 160 adalah skuter matik produksi Honda yang pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2016. Motor ini menjadi salah satu varian skuter matik premium yang cukup populer di Indonesia. Sejak kemunculannya, Honda Vario 160 memiliki beberapa perubahan dan penyempurnaan dari generasi sebelumnya yang membuatnya semakin disukai oleh konsumen.

Desain Honda Vario 160 cukup modern dan elegan dengan sentuhan sporty yang terlihat pada bagian bodi, terutama pada bagian depan yang terlihat agresif. Motor ini juga dilengkapi dengan lampu LED pada bagian depan dan belakang, sehingga memberikan tampilan yang lebih terang dan modern. Selain itu, Honda Vario 160 juga memiliki panel instrumen digital yang memudahkan pengemudi dalam memantau informasi seputar performa motor, seperti konsumsi bahan bakar, kecepatan, jarak tempuh, dan lain sebagainya.

Mesin Honda Vario 160 menggunakan mesin eSP 160cc berpendingin cairan yang cukup bertenaga dengan tenaga maksimum 11,3 kW (15,4 PS) pada putaran 8.500 rpm dan torsi maksimum 13,8 Nm pada putaran 7.000 rpm. Mesin ini dilengkapi dengan teknologi PGM-FI (Programmed Fuel Injection) yang membuat penggunaan bahan bakar menjadi lebih efisien dan ramah lingkungan. Selain itu, motor ini juga dilengkapi dengan sistem penggerak otomatis yang memudahkan pengemudi dalam mengoperasikan motor.

Selain performa yang bertenaga, Honda Vario 160 juga dilengkapi dengan fitur keamanan yang cukup lengkap. Motor ini dilengkapi dengan sistem pengereman ABS (Anti-lock Braking System) yang membuat pengereman lebih stabil dan aman. Selain itu, motor ini juga dilengkapi dengan fitur Idling Stop System yang membuat mesin mati secara otomatis ketika motor berhenti lebih dari 3 detik, sehingga menghemat konsumsi bahan bakar dan mengurangi polusi udara.

Honda Vario 160 juga memiliki kelebihan dalam kenyamanan berkendara. Motor ini memiliki jok yang cukup empuk dan nyaman, sehingga membuat pengemudi dan penumpang tidak mudah lelah ketika berkendara dalam jarak yang cukup jauh. Selain itu, Honda Vario 160 juga dilengkapi dengan sistem Suspensi depan telescopic yang mampu menyerap guncangan dengan baik dan membuat perjalanan semakin nyaman.

Dalam hal harga, Honda Vario 160 dijual dengan harga yang cukup terjangkau untuk kelas skuter matik premium. Meskipun harganya terbilang cukup tinggi dibandingkan dengan skuter matik kelas menengah, namun dengan fitur dan performa yang dimilikinya, Honda Vario 160 tetap menjadi pilihan yang tepat bagi konsumen yang menginginkan skuter matik dengan kualitas yang baik dan fitur yang lengkap.

Fitur Lengkap Honda Vario 160

Sistem Pengereman ABS

Honda Vario 160 2023 dilengkapi dengan sistem pengereman ABS (Anti-lock Braking System) yang membuat pengereman menjadi lebih stabil dan aman. Sistem pengereman ABS menghindari terjadinya roda terkunci ketika menginjak rem secara tiba-tiba sehingga pengemudi dapat mengendalikan motor dengan lebih baik.

Fitur Idling Stop System

Fitur Idling Stop System juga terdapat pada Honda Vario 160 2023. Fitur ini membuat mesin mati secara otomatis ketika motor berhenti lebih dari 3 detik dan menyala kembali saat gas diputar. Dengan fitur ini, penggunaan bahan bakar menjadi lebih efisien dan mengurangi polusi udara.

Lampu LED yang lebih terang

Honda Vario 160 2023 dilengkapi dengan lampu LED yang lebih terang dibandingkan dengan model-model sebelumnya. Lampu LED ini memberikan pencahayaan yang lebih baik saat berkendara di malam hari atau saat cuaca buruk.

Suspensi depan yang nyaman

Honda Vario 160 2023 dilengkapi dengan sistem suspensi depan telescopic yang mampu menyerap guncangan dengan baik. Dengan suspensi depan yang nyaman seperti ini, pengendara dapat merasakan kenyamanan saat berkendara di jalan yang berlubang atau bergelombang.

Smart Key System

Honda Vario 160 2023 juga dilengkapi dengan Smart Key System yang memudahkan pengemudi dalam menghidupkan mesin. Fitur ini juga membuat motor menjadi lebih aman karena hanya kunci asli yang dapat menghidupkan mesin.

Konektivitas Smartphone

Honda Vario 160 2023 juga dilengkapi dengan fitur konektivitas smartphone melalui aplikasi Honda Smart Key. Dengan fitur ini, pengemudi dapat mengunci dan membuka motor serta melihat informasi seperti jarak tempuh, level bahan bakar, dan kondisi mesin melalui smartphone.

Kenyamanan dan Keamanan dalam Berkendara

Honda Vario 160 2023 menawarkan kenyamanan dan keamanan dalam berkendara. Dengan suspensi depan yang nyaman, pengemudi dapat merasakan kenyamanan saat berkendara di jalan yang berlubang atau bergelombang. Selain itu, dengan adanya sistem pengereman ABS dan lampu LED yang lebih terang, pengemudi dapat merasa lebih aman dan percaya diri saat berkendara di jalan yang ramai.

Kelemahan Honda Vario 160

Meskipun Honda Vario 160 2023 menawarkan banyak kelebihan, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, namun tidak dapat dipungkiri bahwa motor ini juga memiliki beberapa kelemahan. Berikut ini beberapa kelemahan Honda Vario 160

Kekurangan Ruang Penyimpanan

Meskipun Honda Vario 160 2023 memiliki desain bodi yang modern dan stylish, namun motor ini memiliki kekurangan ruang penyimpanan yang terbatas. Hal ini dapat menjadi masalah bagi pengendara yang sering membawa barang bawaan atau melakukan perjalanan jauh.

Performa Mesin Kurang Responsif pada Putaran Rendah

Meskipun mesin Honda Vario 160 2023 cukup bertenaga, namun performanya kurang responsif pada putaran rendah. Hal ini dapat membuat pengendara merasa kurang nyaman saat berkendara di jalanan kota yang sering berhenti dan berjalan.

Meskipun Honda Vario 160 2023 memiliki beberapa kelemahan, namun hal ini bukan berarti motor ini tidak dapat diandalkan. Kelemahan yang ada pada Honda Vario 160 2023 dapat dikompensasi dengan kelebihan dan fitur yang dimilikinya, sehingga motor ini tetap menjadi pilihan yang baik bagi konsumen yang menginginkan skuter matik premium yang berkualitas.

Harga Honda Vario 160

Honda Vario 160 CBS dibandrol dengan harga Rp. 26.539.000

Honda Vario 160 ABS dibandrol dengan harga Rp. 29.264.000

Mungkin Anda juga menyukai