1.7 Juta Kendaraan Tinggalkan Jabodetabek di Tahun 2022

Piwulang – Pada tahun 2022 ini, sebanyak 1.7 juta kendaraan meninggalkan Jabodetabek melalui tiga lajur yaitu Timur (Trans Jawa dan Bandung), Barat (Merak), dan Selatan (Puncak). Dengan demikian, ini menjadi rekor terbanyak arus mudik ditahun 2022 ini.

Hal ini tercatat melalui PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Jalur yang paling diminati yakni jalur Trans Jawa kearah timur yang mencapai 53.8 persen dari total pemudik yang ada.

Sedangkan jalur ke arah merak mencapai 27.6 persen dan 18,7 persen menuju arah Puncak.

Jika dibandingkan dengan arus mudik pada tahun 2019 sebelum terjadinya pandemi, arus mudik tahun 2022 ini mengalami kenaikan sebesar 9.5 persen. Namun jika dibandingkan dengan arus biasa ditahun 2021, hal ini naik sebesar 18.6 persen.

Karena tingginya arus mudik tahun ini, diharapkan masyarakat mampu mengatur jadwal yang baik ketika melakukan perjalanan kembali ke Jabodetabek.

Jika seluruh pemudik melakukan perjalanan pulang dihari yang sama, dikhawatirkan akan terjadi lonjakan dan menyebabkan jalanan macet.

Diharapkan, pemudik juga dapat berhati-hati ketika berkendara dan selalu patuhi rambu-rambu lalu lintas dan juga petugas dilapangan.

Share: