Sensor Kamera 200 Megapixel dari Samsung, Bisa Apa?

Piwulang – Samsung Electronics telah resmi mengumumkan kehadiran sensor kamera ISOCELL HP3 yang mampu memberikan kualitas gambar terbaik hingga 200 megapixel.

Sensor ini tergolong kedalam sensor kamera high-end yang memiliki beberapa peningkatan pada sektor tertentu jika dibandingkan dengan seri sebelumnya.

Sensor HP3 ini merupakan penerus dari sensor HP1 yang memiliki ukuran piksel 0,64μm. Sedangkan ukuran piksel pada HP3 ini menjadi yang terkecil dengan ukuran piksel 0,56μm.

Bisa dikatakan bahwa Sensor kamera HP3 ini merupakan sensor dengan resolusi tertinggi dan menggunakan ukuran piksel terkecil di dunia.

Samsung ISOCELL HP3 memiliki ukuran yang kecil, lebih kecil dari seri sebelumnya. Dengan ukuran yang sekarang, Samsung ISOCELL HP3 mampu menghemat penggunaan ruang hingga 20 persen pada permukaan modul kamera.

Sensor ini juga mendukung perekaman vidio dengan kualitas 8K pada 30 fps dan juga perekaman dengan kualitas 4K pada 120 fps.

Salah satu keunggulan yang dimiliki sensor Samsung ISOCELL HP3 ini adalah mampu merekam vidio dengan kualitas tinggi tanpa menimbulkan loss di bidang pandang, terutama pada perekaman dengan kualitas 8K.

Kemudian sensor ini juga dibekali dengan teknologi tetra 2 piksel, yang menawarkan gambar yang lebih cerah meskipun dalam keadaan cahaya rendah.

Pada sensor ini, Samsung menggabungkan 16 piksel menjadi satu.

Dengan adanya penggabungan ini, secara teori kamera mampu menawarkan satu sensor yang lebih besar yang mampu menangkap cahaya lebih banyak ketika kondisi malam hari atau ketika dalam kondisi cahaya rendah.

Pada sensor terbaru ini juga terdapat teknologi yang diberi nama Epic Resolution Pro.

Pada fitur ini, sensor menawarkan resolusi tinggi tingkat profesional yang bisa digunakan pada smartphone.

Namun, saat ini belum ada kejelasan mengenai ponsel mana yang akan menggunakan sensor terbaru dari Samsung ini. Tetapi, ada kemungkinan bahwa sensor ini akan digunakan pada smartphone kelas atas seperti Samsung Galaxy S.

Share: