Advertisement

Piwulang – MIUI 13 merupakan antarmuka dari Xiaomi yang kini telah banyak terinstal pada ponsel asal tirai bambu tersebut. Hadir dengan antarmuka yang mudah untuk dikostumisasi dan juga menawarkan berbagai macam fitur menarik yang mampu memudahkan penggunanya.

Advertisement

Berikut ini, beberapa fitur dari MIUI 13 yang wajib untuk Anda coba.

1. Peningkatan Privasi

Pada MIUI 13, pihak Xiaomi telah meningkatkan keamanan privasi pada ekosistemnya. Perusahaan telah menjalankan proses verifikasi tiga langkah yang mencakup beberapa lapisan berikut ini:

  • Lapisan dasar: Facial Recognition
  • Watermark Reading Of User ID
  • Perlindungan penipuan elektronik

2. Desain yang lebih Menarik

Pada MIUI 13 ini, terdapat peningkatan dalam segi desain antarmuka. Peningkatan yang ada pada bagian desain antarmuka yakni dibagian widgetwallpaper dinamis baru, dan font baru bernama MiSans.

Font MiSans merupakan font yang dapat diunduh secara gratis dan merupakan font Sans Serif yang telah disederhanakan pada bagian huruf, tanda dan angka. Font MiSans ini diklaim oleh Xiaomi memiliki tampilan yang lebih simetris pada bagian karakter dan juga spasi, sehingga membuat tampilan MIUI menjadi lebih ramah terhadap pembaca.

Advertisement

3. Peningkatan Perfoma

Dengan adanya pembaruan, diharapkan akan meningkatkan kinerja menjadi lebih baik lagi. Xiaomi sendiri mengklaim bahwa antarmuka ini telah meningkatkan Fluiditas keseluruhan hingga 52 persen. Selain performa yang meningkat, pembaruan MIUI ini juga menjadikan perangkat menjadi lebih ramah dalam hal konsumsi daya.

Pembaruan ini juga menitikberatkan pada penggunaan ponsel untuk kinerja berat agar penggunaan bisa tetap optimal.

Dengan pembaruan ini juga meminimalisir terjadinya pengurangan daya baca tulis pada sistem melalui teknologi Atomized Memory dan Liquid Storage sebesar 5 persen selama periode 36 bulan, sehingga daya tahan ponsel menjadi meningkat.

4. Fitur Mi Smart Hub

Mi Smart Hub hadir bersamaan dengan diperkenalkannya MIUI 13. Dengan adanya fitur ini diharapkan dapat meningkatkan pengalaman pengguna untuk mempermudah terhubung antar perangkat. Dengan sedikit gestur, ponsel dapat melakukan pengiriman berkas seperti gambar, musik, dan lainnya dengan mudah dan lancar.

5. Dukungan Perangkat

Seperti disebutkan sebelumnya, MIUI 13 dimaksudkan untuk menyatukan seluruh ekosistem Xiaomi. Dengan tujuan itu, perusahaan juga meluncurkan MIUI Watch, MIUI Home, MIUI TV, dan MIUI untuk perangkat pintar Xiaomi.

Advertisement

6. Liquid Storage

Liquid Storage merupakan metode tingkat sistem yang digunakan untuk mengelola bagaimana file disimpan pada perangkat. Fitur ini hadir bersamaan dengan diluncurkannya MIUI 13 global.

Dengan adanya Liquid Storage ini dapat membantu perangkat untuk mempertahankan kecepatan baca tulis pada perangkat hingga 95 persen selama 36 bulan.

7. Automize Memory

Xiaomi menghadirkan Atomized Memory pada MIUI 13 yang berfungsi untuk meningkatkan efisiensi RAM agar kinerja menjadi lebih baik. Fitur ini dapat meningkatkan kinerja dengan cara menghentikan semua tugas yang tidak penting dan menganalisis cara aplikasi menggunakan memori.

8. Algoritma Baru

MIUI 13 hadir dengan algoritma baru yang disebut Focused Algorithm. Focused Algorithm memprioritaskan aplikasi yang aktif, yang memungkinkan CPU untuk fokus pada tugas-tugas penting dan memberikan kecepatan yang lebih cepat serta kinerja yang lebih baik.

9. Smart Sidebar

Xiaomi meluncurkan MIUI 13 dengan fitur baru Smart Sidebar. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengakses aplikasi lain saat menjelajah tanpa harus meninggalkan aplikasi yang digunakan saat ini.

Advertisement

Fitur ini sangat cocok digunakan untuk pengguna yang suka menggunakan ponselnya untuk melakukan berbagai macam aktivitas.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement