Perbedaan Ban Tubeless Dengan Ban Biasa, Pilih Mana?

Piwulang – Pada kendaraan roda dua, terdapat dua pilihan ban yang bisa dipilih oleh pengguna. Yaitu ban tubeless dan juga ban biasa yang dilengkapi dengan ban dalam.

Ban biasa memiliki dua komponen utama, yakni ban bagian luar dan ban bagian dalam. Ban biasa ini biasanya dipilih karena memiliki dua lapisan, sehingga ban dalam lebih terlindungi.

Sedangkan ban tubeless tidak memiliki ban bagian dalam, ban ini tidak terlalu ribet dalam hal perawatannya selain itu ban ini relatif lebih aman dan nyaman. Kini ban tubeless lebih banyak digunakan pada sepeda motor.

Dengan desain yang dibawa oleh ban tubeless, ban ini relatif lebih aman dan lebih tahan dari kebocoran jika dibandingkan dengan ban biasa.

Jika dibandingkan dengan ban biasa, ban tubeless memiliki komponen yang lebih sedikit, yakni ban dan pelek saja. Sedangkan ban biasa memiliki komponen seperti ban dalam, pelek, ban luar, flap, hingga lock ring.

Ban tubeless didesain memang agar lebih simpel, namun ban tubeless juga disesain agar modern karena menggunakan fluid sealant sebagai pengganti ban dalam.

Ban tubeless ini mampu melewati berbagai medan karena adanya fluid sealant yang berada didalam ban. Sedangkan ban biasa, memiliki karakteristik yang lembut karena adanya ban dalam yang mampu meredam getaran yang mengenai ban.

Ban tubeless ini dikatakan mampu melewati berbagai medan dikarenakan ban tubeless memiliki daya tahan yang lebih kuat. Ban tubeless memiliki karakteristik yang lebih kokoh sehingga cocok untuk melewati berbagai medan.

Ketahanan dari Bocor

Jika dilihat dari ketahanan terhadap bocor, kedua ban ini cenderung memiliki kesamaan terhadap resiko terjadinya kebocoran. Namun, ban tubeless memiliki karakteristik dan tekstur yang kokoh dan kuat sehingga mampu meminimalisir benda tajam yang dapat menyebabkan kebocoran pada ban.

Daya Tahan Ban lebih kuat

Lagi-lagi, ban tubeless memiliki daya tahan yang lebih kuat dibandingkan dengan ban biasa. Ban tubeless memiliki daya tahan yang lebih kuat karena adanya daya adesif lem power yang lebih tinggi dibandingkan daya kohesif karet pada ban biasa.

Tidak Mudah Selip

Ban tubeless ini memiliki keamanan yang lebih tinggi ketika digunakan dalam jalanan yang basah seperti ketika sedang turun hujan. Hal ini disebabkan karena ban tubeless memiliki ukuran tapak yang lebih lebar, kembang atau batikan pada ban yang lebih dalam jika dibandingkan dengan ban biasa.

Dengan kelebihan tadi, ban tubeless memiliki daya cengkram ke aspal yang lebih baik jika dibandingkan dengan ban biasa.

Lebih Solid dan Stabil

Dengan bentukan ban yang lebih solid dan lebih stabil, ban tubeless memiliki manuver yang lebih baik jika dibandingkan dengan ban biasa. Tak heran, ban jenis tubeless ini banyak digunakan untuk ajang balap.

Share: