Ini Penyebab Lampu Cepat Putus Pada Motor Matic

Piwulang – Untuk saat ini, kebanyakan motor keluaran terbaru sudah mengadopsi lampu senja LED yang bisa dikatakan memiliki umur lebih lama. Tapi, masih banyak kasus pada motor matic bahwa lampu senja cepat putus atau mati.

Beberapa penyebab lampu senja pada motor lebih cepat mati diantaranya yaitu:

Posisi Lampu

Penyebab yang pertama yang mungkin terjadi yakni posisi kutub yang tidak tepat. Ini bisa menjadikan lampu tidak menyala, yang berarti bukan karena kerusakan pada lampu LED. Lampu yang tidak menyala ini bisa disebabkan karena pemasangan pada kutub lampu yang tidak tepat.

Pada saat lampu senja LED dipasang pada soket lampu senjat, kadang kala memiliki posisi kutub yang berlawanan. Solusi yang pertama ketika lampu senja LED tidak menyala yakni dengan memutar posisi lampu agar kubut negatif pada lampu berubah.

Korsleting

Bila lampu senja tidak menyala, selain memeriksa posisi kutub pada lampu, bisa juga memeriksa pada bagian kabel kelistrikan. Bisa jadi terdapat kabel yang memicu terjadinya korsleting pada motor. Bisa juga memeriksa konektor kabel yang mungkin kendur atau lepas akibat getaran motor saat melaju di jalan yang jelek.

Kiprok yang rusak

Penyebab ketiga ketika lampu senja sering mati yakni karena kiprok rusak. Kiprok sendiri memiliki fungsi untuk menstabilkan arus listrik yang ada pada motor. Arus listrik yang berlebihan atau tidak sesuai dengan kebutuhan dapat menyebabkan umur lampu senja menjadi lebih pendek, dan ada kemungkinan menjadikan lampu putus.

Jika kiprok sudah rusak, alangkah baiknya untuk segera mengganti dengan yang baru. Jangan membiarkan kiprok yang rusak terus terpasang pada motor, karena dapat mengganggu kelistrikan yang lainnya, tidak hanya pada lampu senja.

Air yang masuk

Pada musim hujan, terdapat kemungkinan bahwa air hujan yang masuk hingga daerah lampu motor. Hal ini juga bisa terjadi ketika sedang melakukan pencucian motor dengan tekanan steam yang kuat. Sehingga menyebabkan adanya air yang masuk ke reflektor lampu motor.

Jika terlihat adanya air yang masuk ke reflektor pada motor, coba untuk melakukan pengecekan pada fitting lampu. Kemudian ganti dengan dudukan yang memiliki karet untuk menahan air yang masuk melalui celah. Jika lubang terlalu besar, sebaiknya ganti komponen lampu dengan yang baru.

Share: